Iklan Infeed Above

Cara Memilih Jenis Server yang Pantas dengan Usaha Anda

PC Server TerbaikKetika mulai merintis jasa startup jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda diterapkan. Sebab hal tersebut dapat menjadi sebuah elemen penting yang memastikan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang seharusnya dipertimbangkan pertama kali sebelum memilih macam server merupakan mencari tahu keperluan Anda sendiri.

Cara Memilih Jenis Server yang Pantas dengan Usaha Anda


Bagaimana jika server akan diaplikasikan untuk keperluan rumit, menengah, atau hanya diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan pada awal, Anda kemudian baru dapat menentukan tipe server yang cocok untuk layanan  Anda.
Saat ini keperluannya, tipe server dibagi ke dalam empat golongan, yaitu Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga diketahui juga dengan nama server tahap awal. Server model ini biasanya dipakai dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 computer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak digunakan sebab bentuknya yang tidak memakan tempat dan gampang dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini amat cocok untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pengguna pc antara dua puluh hingga seratus orang dapat menggunakan server jenis ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih bagus dibandingikan dengan server model entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai tenaga back up untuk mempertahankan server tetap menyala sepanjang waktu.

Midrange server bisa menghandle sebagian tugas secara berbarengan. Server ini mampu mengerjakan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, memegang cara pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli memiliki fitur ekstension sehingga mampu menampung lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh dengan besar. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Model Blade server belum mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, meski demikian server jenis ini memiliki kelebihan tersendiri apabila dibandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan model ini tersambung dengan sebuah kabel yang dibentuk dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini bisa menggunakan suplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya jikalau ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Macam server ini cocok untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, website kabar, dan web perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan model server tertinggi. Server ini mampu menciptakan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari 1.000 pengguna yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan metode pendinginan ruangan yang maksimal agar server bisa berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi bisnis yang menerapkannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa dipercaya setiap saat.
Memilih server yang ideal akan berimbas pada kinerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak bisa menampung kerja pengguna atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kesalahan ini mampu mengakibatkan bisnis rugi secara keuangan, kesalahan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.
HALAMAN SELANJUTNYA:



0 Response to "Cara Memilih Jenis Server yang Pantas dengan Usaha Anda"

Posting Komentar