Iklan Infeed Above

7 Teknik Fotografi Yang Sering Di Lupakan Fotografer Pemula

Cetak foto kanvas - Fotografi merupakan salah satu hobi yang cukup menjanjikan bila ditekuni dengan baik. Tidak hanya penuh dengan hal positif yang dapat membuat seseorang lebih dekat dengan seni, fotografi juga dapat dijadikan sumber penghasilan untuk sebagian orang. membuat hasil foto yang indah haruslah melibatkan pemikiran dan ide-ide yang kreatif. meskipun sering terbantu dengan peralatan fotografi yang bagus, namun yang kalian perlukan sebelum pengambilan foto adalah berfikir dan mengerti tentang apa yang ingin kamu tangkap dari objek atau yang akan kalian ciptakan dari objek tersebut.



banyak pemula yang mengabaikan teknik dasar dari suatu seni fotografi namun pada dasarnya jika diperhatikan dan ditekuni lebih dalam, banyak para fotografer professional berawal dari menekuni beberapa teknik ini, berikut penjelasannya

1. Atur Format RAW Pada Saat Pemotretan Gambar
Sebagian besar kamera digital memiliki kemampuan untuk mengambil gambar dalam format JPG. Hal tersebut memang praktis bagi para pengguna awam karena format tersebut mudah untuk ditransfer ke berbagai perangkat dan mudah untuk diunggah ke internet.

Namun jika kalian berniat menggeluti dunia fotografi dengan serius, kalian perlu belajar mengambil gambar dengan format RAW. Pasalnya, dengan format tersebut kalian masih dapat mengatur gambar seperti tingkat pencahayaan, ketajaman gambar, dan dan lain-lain.

2. Jangan Ragu Untuk Bereksperimen dengan post-processing
Post-processing merupakan pengolahan setelah gambar diambil atau singkatnya mengedit gambar. Ada banyak software yang dapat digunakan untuk melakukan post-processing, mulai dari Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, dan Google Nik Collection. Cobalah untuk bereksperimen dengan software tersebut agar foto kalian menjadi lebih bagus.

3. Gunakan Lensa Yang Bervariasi
Meskipun lensa kamera bawaan (lensa kit) semakin bagus kualitasnya, kalian harus tetap mencoba berbagai jenis lensa yang ada di pasar. Ada banyak sekali jenis lensa di luar sana, dan sebagian besar merupakan lensa yang dirancang khusus untuk kegiatan tertentu.

4. Gunakan Flash Pada Waktu Tertentu Saja
Banyak orang yang sering menggunakan lampu flash ketika mengambil gambar, padahal salah satu dasar fotografi adalah sebisa mungkin tidak menggunakan lampu flash. Sebisa mungkin carilah sumber cahaya alami yang ada di sekitar. Jika masih gelap, kalian bisa mainkan pengaturan apperture, shutter dan ISO.

Misalnya lensa makro untuk fotografi objek kecil, atau lensa telephoto untuk memotret objek yang jaraknya jauh. Bereksperimen dengan lensa akan mempertajam insting fotografi kalian.

5. Bersihkan Sensor dan Lensa Secara Berkala
Sensor dan lensa merupakan salah satu bagian kamera yang paling sensitif. Jika terdapat debu di sensor atau lensa, otomatis hasil jepretan kalian tidak akan maksimal. Membersihkan sensor secara berkala adalah solusinya. Sebaiknya gunakan juga alat pembersih sensor khusus untuk membersihkan sensor dan lensa kalian.

6. Ganti Kamera Pada Saat Yang Tepat
Ada banyak sekali jenis kamera dari berbagai merek. Sama seperti ponsel, kamera pun memiliki "kasta" dari tipe pemula, hingga tipe profesional. Tentunya semakin menuju profesional, harga kameranya semakin mahal.

7. Ganti Tali Kamera Sesuai Kebutuhan
Ketika membeli kamera, biasanya kalian juga akan mendapatkan tali kamera dalam paket penjualannya. Menurut para fotografer profesional, tali kamera tersebut tidak nyaman digunakan, apalagi ketika kalian menggunakan lensa besar dan berat. Membeli tali kamera khusus akan membantu kalian semakin nyaman ketika menggambil gambar.

Kuncinya, jika kalian benar-benar ingin menekuni dunia fotografi, tidak disarankan untuk menggunakan kamera saku (POCKET KAMERA), kamera ponsel, atau kamera DSLR kelas pemula. cobalah untuk menggunakan kamera DSLR atau mirrorless yang lebih tinggi kelasnya. harganya memang mahal, namun fiturnya lebih lengkap dan lebih cocok untuk kamu yang sedang belajar fotografi.

HALAMAN SELANJUTNYA:



0 Response to "7 Teknik Fotografi Yang Sering Di Lupakan Fotografer Pemula"

Posting Komentar