Iklan Infeed Above

Metode Pilih Tipe Server yang Layak dengan Perusahaan Anda

PC Server TerbaikPada saat mulai merintis jasa startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda digunakan. Sebab hal hal yang demikian dapat menjadi satu unsur prioritas yang menetapkan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Menurut yang patut dipertimbangkan pertama kali sebelum menentukan tipe server yaitu mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan dipakai untuk kebutuhan kompleks, menengah, atau hanya diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa memutuskan model server yang layak untuk usaha  Anda.

Metode Pilih Tipe Server yang Layak dengan Perusahaan Anda


Saat ini keperluannya, macam server dibagi ke dalam 4 klasifikasi, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server umumnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server model ini biasanya dipakai dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diaplikasikan karena wujudnya yang slim dan mudah ditaruh pada rak server.
Tipe server ini sangat tepat untuk perusahaan skala kecil untuk dijadikan sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah user pc antara dua puluh sampai seratus orang dapat memilih server tipe ini. Midrange server memiliki spek dan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan server model entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai tenaga cadangan untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server sanggup menangani beberapa tugas secara berbarengan. Server ini bisa melaksanakan sebagian tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, membatasi cara pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga bisa menampung lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih cepat. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan data, dan RAM.

Blade server

Jenis Blade server tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, meski demikian server model ini memiliki kelebihan tersendiri jika diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan model ini tersambung pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh karena itu, server ini mampu memakai penyuplai kekuatan, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka apabila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini tepat untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, situs isu, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah model server tertinggi. Server ini dapat menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server dapat menampung lebih dari 1.000 user yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini lazimnya diaplikasikan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, bank, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server jenis ini memerlukan ruang yang cukup luas dengan metode pendingin ruangan yang maksimal supaya server bisa bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang menerapkannya. Oleh karena itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat dipercaya setiap waktu.
Memilih server yang ideal akan berakibat pada kinerja bisnis, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server bisa berakibat jelek, bisa berupa server yang tidak sanggup mengakomodasi pekerjaan user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efisien dalam hal pendanaan. Kesalahan ini dapat mengakibatkan bisnis rugi secara keuangan, kesalahan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.
HALAMAN SELANJUTNYA:



0 Response to "Metode Pilih Tipe Server yang Layak dengan Perusahaan Anda"

Posting Komentar