Iklan Infeed Above

Mari Mengenal Fotografi High Dynamic Range


Ketika mengambil foto gedung di siang hari dengan smartphone, kalian akan memilih salah satu untuk dikorbankan, antara langit atau gedung. Jika kalian memilih fokus pada langit, maka gedung akan terlihat lebih gelap. Begitun pula dengan sebaliknya, saat memilih untuk fokus pada gedung, maka langit akan terlihat pucat. Ini tidak akan terjadi jika kalian mengaktifkan mode High Dynamic Range pada smartphone kalian. Sebelum kita mendalami bagi kalian yang ingin mencetak foto kalian bisa mengunjungi cetak foto.

Teknik High Dynamic Range (HDR) adalah teknik foto yang di dapat dengan menggabungkan beberapa foto dengan tone yang bermacam-macam sehingga membuat satu foto yang hasilnya melebihi foto yang asli dibuat kamera. Sebelum bisa di kelola, kalian harus membuat beberapa foto mentah yang memiliki eksposur yang berbeda, dengan total foto yang dipakai adalah tiga sampai lima foto. Apabila foto yang kita peroleh tidak memiliki area highlight clipping terlalu banyak maka kita bisa menggunakan foto yang dihasilkan dari 1 RAW saja. Cukup bedakan exposure-nya saja saat pengolahan RAW untuk menghasilkan 3-8 foto dengan exposure yang berbeda. Keuntungan dari teknik ini adalah tidak ada masalah re-allignment foto karena sebenarnya fotonya identik hanya beda exposure-nya saja.


Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyiapkan kamera untuk HDR :
  • Gunakan tripod untuk hasil yang lebih maksimal dan bagus, karena mengkombinasikan beberapa foto menjadi satu.
  • Gunakan mode aperture priority, pada mode ini kalian memilih aperture tetapi kamera sendiri yang akan menentukan shutter speed.
  • Atur kamera fokus ke posisi manual focusing. Cobalah mengambil gambar beberapa kali untuk menentukan fokusnya pada mode ini, setelah kalian mendapatkan fokus yang di inginkan, maka ubahlah fokus ke mode manual.
  • Aturlah automatic bracketing di kamera untuk menghasilkan 3 sampai 8 foto dengan shutter speed yang berbeda-beda.
  • Mulailah mengambil foto eksposur
  • Untuk mengelolahanya kita bisa pakai software khusus untuk HDR.

Itulah Teknik fotografi yang dinamakan dengan High Dynamic Range atau HDR. Bagi kalian yang ingin mencobanya tapi masih pemulah dalam fotografi teknik yang satu ini memang paling cocok buat kalian.
HALAMAN SELANJUTNYA:



0 Response to "Mari Mengenal Fotografi High Dynamic Range"

Posting Komentar